GEMA DARUSSALAM Bagian 2 - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Sunday 24 June 2018

GEMA DARUSSALAM Bagian 2


GEMADARUSSALAM_“Kecil Dengan Semangat Besar” adalah sebuah Slogan milik Gerakan Pemuda Darussalam  “Gema Darussalam” Gubuk Madrasah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat yang di gagas oleh salah seorang pemuda yang inginkan sebuah perubahan dan kenginan untuk melihat pemuda Desanya bangkit dan berkembang menjadi pemuda yang berkreasi dan mandiri, Bukan hanya duduk diam dan tidak mampu berbuat apa layaknya pemuda-pemuda pengangguran yang siang dan malamnya sibuk dengan pekerjan-pekerjaan yang tak bermanfaat.


Tahun 2014 lalu, sang pendiri mulai memikirkan langkah yang akan di ambil untuk membangkitkan dan menggerakkan pemuda yang ada di Gubuk Madrasah, Pemuda-pemudanya banyak dan tak ingin pemuda yang banyak tersebut terjerumus salah langkah mengikuti arus zaman dan pergaulan bebas di luar sana.

Dengan perlahan mereka di ajak, di dorong di perdayakan sesuai kemampuan masing-masing, dari keterpurukan tanpa kerja dan tanpa bimbingan akhirnya terbuka niat untuk membentuk suatu wadah tempat menyalurkan segala pendapat dan keinginan mereka yaitu, Gerakan Pemuda Darussalam yang di singkat Gema Darussalam yang mana di dalam gerakan tersebut adabanyak kegiatan yang ada tempat mereka menyalurkan kemanpuan dan keinginannya.

Kegiatan-kegiatan dan program tersebut adalah di dirikannya Taman Pendidikan Alquran (TPQ) yang di beri nama TPQ Darussalam tempat adik-adik yang sekolah di tingkat TK, SD dan SLTP mengaji agama Khususnya Al-Qur’an. Mereka anak-anak muda tersebut di TPQ inilah tempat mereka mengabdi menjadi pembina dan pembimbing bagi adik-adik kita agar tidak keluyuran dan tidak melakukan pekerjaan yang tak bermanfaat.

Pemuda-pemuda lain terlihat sibuk dengan pekerjaannya yang tak bermanfaat di luar sana, Namun pemuda di Darusslam tekun membangun dirinya dengan amal ibadah. Mereka di siangnya bekerja pada pekerjaan mereka masing masing, ada yang menjadi tukang jahit, tukang gunting rambut, menjadi buruh tani bagi mereka yang inginkan uang untuk belanja dan pekerjaan-pekerjaan lain asalkan uang yang di dapat halal buah hasil dari kerja sendiri.

Setiap pekerjaan yang akan dilakukan mereka selalu bersama-sama terlihat kompak, sebagai contoh saat pegelaran pawai malam Hari Raya Idul Fitri tahun1439 Hijriah baru-baru ini, semua pemuda darussalam saling membantu satu dengan yang lainnya tidak ada yang menonton teman-temannya bekerja. Di lain waktu juga mereka akan menggelar musyawarah sebelum melakukan pekerjaan dan meminta pendapat pada yang lebih senior. Ini semua selalu dilakukan bukan kali ini saja melainkan sudah berlangsung lama.

Di gubuk pemukiman kecil dengan kepala keluarga hanya 30 KK berada di Dusun Rensing Bat Desa Rensing Bat yang di beri nama Gubuk Madrasah punya semangat dan keinginan yang besar mengalahkan mereka yang luas tapi nol kegiatan dan pekerjaan.


Semoga apa yang di miliki sekarang ini akan terus berlanjut ke generasi selanjutnya, tidak sampai di sini saja, mungkin itulah keinginan dari semua orang, akhirnya mari tetapkan tekad dan semangat untuk kemajuan bersama, ini bukan menunjuk-nunjuk namun itulah adanya yang terjadi semoga juga terinsfirasi.

No comments:

Post a Comment