Kampung Sehat, Menginsfirasi Masyarakat Dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Wednesday 19 August 2020

Kampung Sehat, Menginsfirasi Masyarakat Dalam Memenuhi Kebutuhan Pangan

www.gemadarussalam.com _Kampung sehat yang dapat membantu perekonomian masyarakat di tengah masa pandemi. kampung sehat ini salah satu cara terbaik mengedukasi masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19. keberadaan kampung sehat bertujuan untuk menjadikan kampung yang Steril dari virus corona, ekonominya produktif, harmonis masyarakatnya, asri lingkungannya dan tangguh yang juga di barangi dengan memiliki ketahanan pangan yang baik. Masyarakat harus tetap menjalankan roda ekonomi dan tetap dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Untuk terpenuhinya kebutuhan pangan di tengah masyarakat ketika berada di rumah saja dan masih mewabahnya Covid-19 sekarang ini, tentu dengan membangun usaha kecil di setiap dusun seperti, menanam sayur di pengarangan rumah baik dengan cara Hidroponik maupun non hidropunik, membuka usaha baru seperti pengolahan tempe berskala rumahan, anyaman ketak dan banyak lagi.


Di Desa Rensing Bat misalnya, Usaha kecil-kecilan di masa pandemi sekarang ini seperti yang di sebutkan diatas, sekelompok pemuda dan masyarakat di dusun Tembok Gading dan dusun Lepok mulai mengembangkan pembibitan sayur dan penanaman sayur secara hidroponik bekerjasama dengan Badan Usaha Milik desa (BUMDes). Perlakuan usaha ini menurut salah seorang pemuda yang di temui media menyebutkan sebagai bagian dari cara menyambut seruan pemerintah NTB untuk program Kampung Sehat di tengah covid-19 yang masih melanda.


Perlakuan usaha dalam penanaman sayur ini menjadikan rumah terlihat hijau, sehat dan bersih. Dari peninjauan juga banyak masyarakat yang terlihat membuat taman apotik hidup, menanam sayur-mayur di pekarangan rumah, menanam bunga dan lain-lain yang bermanfaat untuk diri dan keluarganya.

Adanya program kampung sehat dan Pandemi sekarang ini banyak menginsfirasi masyarakat dalam menentukan pilihan dalam memenuhi kebutuhan Pangannya, masyarakat berdiam di rumah namun tetap beraktifitas yang bisa menguntungkan diri dan orang banyak.

No comments:

Post a Comment