Sambut Ramadhan, Jamaah Mushalla Darussalam Laksanakan Roah Kebian - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Monday 11 March 2024

Sambut Ramadhan, Jamaah Mushalla Darussalam Laksanakan Roah Kebian


gemadarussalam.com - Masyarakat Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat di Dusun Tembok Gading memiliki tradisi unik menjelang masuknya bulan suci Ramadhan yaitu Roah Kebian.


Masyarakat Dusun Tembok gading tepatnya  Jamaah Mushalla Darussalam melakukan Roah Kebian yang bertempat di dalam ruangan mushalla.


Dari pantauan media Senin, 11/03/2024 sejumlah ibu-ibu mengantarkan makanan menuju ke musalla untuk makan bersama-sama pada sore setelah shalat Fardu asyar sehari sebelum dilaksanakan ibadah puasa.


Sebelum acara makan bersama, terlebih dahulu digelar dzikir dan do'a sebagai ungkapan rasa syukur atas kedatangan raja dari semua bulan hijriah ini.


Ketua pengurus Mushalla Darussalam Amaq Angga mengungkapkan, makna Roah Kebian adalah wujud kebahagiaan datangnya bulan Ramadhan.


Ungkapan rasa syukur ini selanjutnya kemudian diwujudkan dengan melaksanakan roah kebian atau makan bersama seluruh jamaah mushalla.


"Makna lain adalah untuk mengingat para almarhum dan almarhumah bahwa bulan Ramadhan telah tiba sehingga harus banyak beribadah. Termasuk meningkatkan silaturahmi dengan sesama muslim," Terang peria yang juga perangkat desa Rensing Bat ini.


Dengan adanya roah Kebian, maka masyarakat bisa saling memaafkan agar bisa menjalani ibadah puasa dengan lebih nyaman karena dikhawatirkan sebelumnya ada hal-hal yang membuat sakit hati.


Roah Kebian memiliki sisi positif yang luar biasa yang menurut Amaq Angga adalah rasa syukur bisa kembali menemui bulan suci Ramadhan.


"Roah itu syukuran sedangkan Kebian itu adalah sore atau mendekati maghrib. Jadi melakukan zikir kepada Allah SWT dan berdoa meminta kepada-Nya," beber Amaq Angga.

No comments:

Post a Comment