Berkah Daun Hijau di Musim Kemarau - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Tuesday 8 September 2020

Berkah Daun Hijau di Musim Kemarau


www.gemadarussalam.com - Rensing Bat dikenal sebagai satu dari beberapa desa di kecamatan Sakra Barat penghasil tembakau terbaik di di Lombok Timur. Kualitas tembakau Rensing Bat sudah diakui oleh banyak pembeli yang datang ke Rensing Bat.


Di Rensing Bat, tembakau masih jadi tanaman unggulan selain padi. Tanaman yang punya nama latin Nicotiana Tabacum ini memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan di desa Rensing Bat sejak puluhan tahun lalu.


Di musim kemarau seperti ini, tembakau jadi komoditi pertanian andalan di Rensing Bat. Dengan harga yang cukup menjanjikan, tembakau jadi komiditi yang banyak ditanam di sejumlah desa di kecamatan Sakra Barat khususnya Rensing Bat dan pulau lombok umumnya.


Musim kemarau tak selamanya buruk. Ada berkah di balik musim kemarau yang rutin melanda lombok timur bagian selatan. Berkah dan rezeki musim kemarau tersebut hadir bagi para petani tembakau di beberapa kecamatan di lombok timur termasuk desa Rensing Bat kecamatan Sakra Barat.


Ketika masuk ke Desa Rensing Bat, kita bisa dengan mudah menemui tanaman tembakau. Baik yang masih berada di sawah, maupun yang sudah diolah jadi tembakau kering setelah dilakukan pengovenan selama hampir satu minggu. Bau tembakau juga kadang menyeruak hingga indera penciuman.


Setiap hari, kita bisa melihat aktivitas para petani tembakau yang ada di Desa Rensing Bat. Mereka dengan tekun dan penuh dedikasi memberikan perawatan maksimal pada tembakau yang ditanamnya.


Tembakau memang hanya bisa ditanam di lahan jarang hujan seperti di Rensing Bat, kebanyakan lahan pertanian yang ada tanahnya kering. Sehingga, sangat cocok untuk ditanami tembakau.

Berkah Kemarau dari daun Hijau, banyak warga dapat menikmati hasilnya walau tidak menanam tembakau, mereka akan menjadi buruh panen, buruh ikat, buruh angkut dan buruh jaga oven pengering ketika musim panen tiba.


Banyak orang menikmati hasilnya di saat warga desa tengah kesulitan mencari belanja akibat pandemi corona dan kemarau yang berkepanjangan. Berkah dari daun hijau seakan menjadi penyelamat ketika mereka sangat membutuhkan rezeki lebih untuk makan minum sehari-hari terutama belanja jajan anak-anak mereka.

No comments:

Post a Comment