Himbauan Pemerintah, Waspada Cuaca Ekstrim di Musim Hujan - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Saturday 24 December 2022

Himbauan Pemerintah, Waspada Cuaca Ekstrim di Musim Hujan


 gemadarussalam.com - Hujan merupakan peristiwa hidrologi yang melibatkan proses kondensasi, hingga air bisa turun ke bumi. Hujan dapat membantu membasahi bumi yang sedang panas, mengairi sawah yang sedang kering, dan masih banyak hal positif lain yang didatangkan bersama dengan turunnya hujan.


Namun, hujan yang disertai dengan angin kencang terkadang juga bisa membawa dampak buruk bagi manusia. Angin kencang dapat merobohkan pepohonan, menimpa rumah warga, hingga memutus kabel-kabel listrik. Angin kencang juga dapat membahayakan perjalanan darat,laut dan udara.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan dalam sepekan ke depan sejumlah wilayah di Indonesia akan turun hujan, petir, gelombang tinggi dan angin kencang. Sehingga kita dihimbau untuk tetap waspada menghadapi cuaca extrem tersebut.


Di wilayah desa Rensing Bat misalnya, Hampir seminggu terakhir di pertengahan Desember 2022 hujan turun setiap hari, tak kenal pagi, siang, sore dan malam bahkan satu hari satu malam turun tanpa henti. Hujan turun bercampur angin kencang membuat warga terpaksa duduk diam di dalam rumah mereka.


Pemerintah menghimbau seluruh masyarakat untuk berhati hati dengan kondisi ekstrim ini, banyak kejadian yang bisa saja menimpa diluar akibat dari penomena alam ini, ini terjadi setiap tahun, perubahan cuaca sudah lumrah terjadi, wajib kita pahami dan syukuri dan berhati-hati untuk selalu menjaga diri dan kesehatan kita, karena dampak dari cuaca yang ekstrim ini banyak penyakit yang bisa saja menyerang, dari itu tetap waspada dan jaga kesehatan.

No comments:

Post a Comment