Ramadhan Bulannya Al Qur'an dan Keutamaan Membacanya dengan Porsi lebih - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Friday 24 March 2023

Ramadhan Bulannya Al Qur'an dan Keutamaan Membacanya dengan Porsi lebih


 gemadarussalam.com - Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran, maka dari itu hendaknya seorang muslim memberikan perhatian dengan porsi yang lebih terhadap Al-Quran di bulan ini.


Bagi orang Islam, membaca Al-Qu’ran tentunya menjadi kegiatan yang tidak asing lagi bahkan seringkali dilakukan setiap harinya.


Seperti yang kita ketahui, Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat Islam. Sangat rugi sekali jika umat Islam sendiri tidak mau membaca dan mempelajarinya.



Membaca Al-Quran juga termasuk dalam ibadah paling utama di antara ibadah-ibadah yang lain. Tak heran ketika bulan Ramadhan, khususnya setelah selesai shalat tarawih, di corong-corong masjid dan mushalla akan terdengar suara pembacaan Al-Qur'an akan bergema.


Sudah menjadi tradisi setiap ramadhan, masjid dan mushalla akan terdengar lantunan ayat-ayat suci al quran dari masyarakat tua, muda sampai ke anak-anak. Di Desa Rensing Bat misalnya, terdapat 5 masjid, semua melantunkan ayat-ayat suci itu melalui corong. Terdengar ramai dengan bacaan kalimat Allah SWT. Sejuk hati mendengarnya karena membaca al quran di malam ramadhan sangat dianjurkan.


Ramadhan merupakan bulan yang paling mulia dan istimewa bagi umat Islam. Saat Ramadhan tiba, semua umat Muslim yang sudah baligh diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.



Di bulan Ramadhan juga umat muslim berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, amalan, dan ibadah yang mendatangkan pahala. Karena amalan yang dilakukan di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri.


Perlu diketahui, setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan mendapat pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari-hari lainnya.


Satu di antara amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala di bulan Ramadhan ialah membaca Al-Qur’an (Tadarus Al-Qur’an) .


No comments:

Post a Comment