Pengobatan Tradisional Dengan Daun PKI - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Tuesday 3 July 2018

Pengobatan Tradisional Dengan Daun PKI


GEMADARUSSALAM_Di banyak tempat di Indonesia tumbuhan Kopasanda, dengan nama latinnya Chromolaena odorata atau biasa di sebut daun PKI oleh masyarakat sasak Lombok, digunakan sebagai pengobatan tradisonal. Daun muda dari tumbuhan ini dilumatkan, dan airnya dijadikan obat untuk menyembuhkan luka pada kulit. Kopasanda juga dapat menjadi obat alternative bagi penderita Diabetes dan Maag Kronis dengan cara pengolahan yang cukup sederhana, yaitu,

1.      Cuci daun PKI dengan air bersih
2.      Rebus 4 gelas air atau 1 liter yang telah dicampur daun PKI tersebut
3.      Tunggu beberapa menit hingga rebusan daun PKI tersebut mendidih dan menyisakan 2 gelas atau 500 ML
4.      Setelah mendidih, diamkan rebusan daun PKI tersebut hingga dingin
5.      Saring rebusan tersebut ke dalam wadah seperti gelas ataupun botol
6.      Kemudian diminum 2 kali sehari selama 30 hari

Selain dapat menyembuhkan penyakit seperti di sebutkan di atas, daun PKI juga memiliki kemampuan mengobati banyak penyakit seperti, sakit perut, Melancarkan peredaran Darah, Mengatasi gatal pada kulit, Menyehatkan kulit, Membantu memperbaiki jaringan kulit, Mempercepat produksi sel kulit baru, Mencerahkan kulit dan banyak lagi.


Daun PKI / kopasanda memiliki nama lain di setiap daerah. Di kabupaten Bima misalnya, Daun Kopasanda disebut Daun Golkar karena secara fisik helai daunnya mirip dengan bentuk logo partai golkar. di jawa disebut daun takelan. Adapula yang menyebutnya daun gonrong-gonrong.

Ciri-ciri daun PKI / kopasanda adalah pada permukaan bagian atasnya kalau dipegang terasa licin sementara pada bagian bawahnya terasa berbulu, berbunga dengan warna putih kecil. Memiliki bau khas kalau dicium. Ciri ini merupakan ciri dari tanaman yang merupakan keluarga dari bunga matahari.

Tanaman kopasanda termasuk tanaman yang umum ditemui karena tanaman ini merupakan jenis tanaman liar. Walau begitu, tanaman ini selalu berada di setiap daerah di Indonesia. Semoga bermanfa`at

2 comments:

  1. Bagaimana membedakan daun kopasanda dengan daun snakeroot

    ReplyDelete
    Replies
    1. daun kopasanda sperti pada gambar sedangkan snakeroot kalau gak salah agak menjalar, maaf kurang pasti

      Delete