Tradisi Warga di Musim Panen, Jemur Padi dipinghir Jalan - gema darussalam

Breaking

gema darussalam

Bicara Apa Adanya, Berbagi Cerita dan Berita, Dari Desa Terbang Menyapa Dunia

Friday 17 March 2023

Tradisi Warga di Musim Panen, Jemur Padi dipinghir Jalan


 gemadarussalam.com - Tidak ada pilihan, Cetus Amaq Angzie di akun Medsos Facebooknya. Mengeringkan padi di pinggir jalan seperti tradisi disetiap musim panen padi. Menjemur padi untuk menghilangkan kadar air itu wajib karena jika tidak padi-padi tersebut tidak bisa digiling menjadi beras murni yang berkualitas.


Sejak 2 minggu lalu, para petani di desa Rensing Bat melakukan pemanenan padi di sawah dan setelahnya ada yang langsung di keringkan untuk disimpan sebagai bekal selama 1 tahun dan ada juga yang langsung menjualnya.


Ruas jalan di desa Rensing bat dimusim panen padi akan terlihat banyak padi dijemur, penomena ini sudah lumrah dan berlangsung beberapa hari saja, Kata Amaq Angzie.


Masuk saja di wilayah desa, Pasti anda akan melihat di kiri kanan jalan jemuran padi diatas terpal berjejer, tidak ada pilihan karena sebagian besar warga tidak memiliki halaman untuk menjemur dan memamfaatkan pinggir jalan sebagai tempat menjemur walau resikonya siap digilas kendaraan yang lewat, Ujarnya.


Ini terjadi setiap tahun dimusim panen saja dan harus dimaklumi, Pemerintah desa juga tidak melarang karena pahan kondisi kita, Imbuhnya.

No comments:

Post a Comment